Artikel Kecil hamba Allah swt

Ilmu semakin digali semakin dalam pemahaman anda

Jumat, 11 Desember 2009

Kumpulan Hadits

BAB I
PENDAHULUAN
Segala puju bagi Allah tuhan semesta alam, dengan sifat kesempurnaan-Nya telah menciptakan manusia disertai dengan potensi yang ada pada dirinya. Dan telah menjadikannya sebagai kholifah. Salam sejahtera semoga terlimpah arahkan kepada nabi Muhammad saw insane termulia. Dengan kepribadian dan budi pekertinya yang luhur.
Ucapan syukur tidak henti-hentinya kami panjatkan karena dengan izinNya kami dapat menyusun dan menyelesaikan sebuah makalah yang berjudul tentang beberapa macam hadits . semoga makalah ini dapat menjadi sumber pembelajaran bagi para pembaca karena hadits merupakan pedoman hidup bagi uamat islam.
Dan tujuan kami menyusun makalah ini untuk memenuhi tugas individu mata kuliah Hadits Tarbawi.
Kami menyadari makalah ini jauh dari sempurna, kritik dan saran yang membangun semagat kami sangat harapkan. Mudah-mudahan makalh in dapat bermanfaat.
BAB II
PEMBAHASAN
1. Hadits Tentang Perintah Berdakwah
Terjemah
“ Dari Abi Burdah berkata Nabi saw, mengutus kakakku Abu Musa dan Mu’adz ke Yaman, lalu beliau bersabda : hendaklah kamu bersikap memberikan kemudian jangan mempersulit, dan hendaklah kamu jadikan (mereka) gembira, jangan engkau takut-takuti, dan hendaklah kamu berdua saling terbuka dan saling bersuka hati.dan jangan bertentangan. (HR. Bukhari Muslim)
2. Hadits Tentang Perlunya Berdakwah amar Ma’ruf nahi Mungkar
Terjemah
“ dari Said al Khudri ra. ia berakata, aku mendengar Rasulullah saw bersabda : “siapapun diantara kamuyang melihat kemungkaran, hemdaklah mengubahnya dengan tangan atau kekuasaanya. Apabiala tidak mampu dengan cara ini, maka hendaklah menggunakan lisannya. Apabila dengan cara itu tidak mampu maka hendaklah dengan hatinya. Demikian itu (cara yang terakhir) adalah termasuk selemah-lemah iaman. (HR. Muslim)
3. Hadits Tentang Perintah Kedua Orang Tua Terhadap Anak Untuk Mengerjakan Shalat
Terjemah
Dari Amr bin Syu’ab dari ayahnya dari Kakaknya ia berkata : Rasulullah saw bersanda ; “ Perintahkan anak-anakmu untuk mengerjakan shalat sejak berusia tujuh tahun dan ketika uasia mereka suadah mencapai sepuluh tahun, pukulah jika mereka enggan melakukan shalat”. (HR. Abu Dawud)
4. Hadits Tentang Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
Terjemah
Dari Sa’ad bin Abi waqash, ia berkata : Rasulullah saw bersabda ; “ Sesungguhnya lebih baik bagimu meninggalkan ahli waris dalam keadaan kecukupan daripada meninggaalkan mereka dalam keadaan yang menjadi beban orang lain (lemah)”. (HR. Bukhari)
5. Hadits Tentang Berlaku Adil dan Benar
Terjemah
Dari Abdullah Ibnu Amr Ibnu ‘Ash ia berkata; Rasulullah saw bersabda ; “Sesungguhnya oarang-orang yang berlaku adil disisi Allah akan berada dipundak cahaya disebelah kanannya, yaitu oarang yang adail adalah mereka yang berlaku adil dalam mengambil keputusan hokum dan berlaku adilterhadap sesuatu yang diamanatkan kepadanya”. (HR. Muslim)
6. Hadits Tentang Kejujuran
Terjemah
Dari Abdullah bin Mas’ud ia berkata dari Nabi saw, beliau bersabda : ssungguhnya kejujuran itu memabawa kepada kebaikan (ketaatan) dan kebaikan itu membawa ke Surga. Dan seseorang membiasakan dirinya berkata benar sehingga ia dicatat disisi Allah sebagai orang yang benar (siddiq). Dan dusta membawa kepada kemaksiatan, sedang kemaksiatan membawa ke Neraka. Dan seseorang suka berdusta sehingga dicatat disisi Allah sebagai pendusta”. (HR. Bukhari Muslim)
7. Hadits Tentang Pergaulan Sesama Muslim
Terjemah
Dari Abu Hurairah ra. berkata : bersabda Rasululluh saw ; “seseoarang muslim adalah saudara oarang muslim, tidak boleh dikhianati (ditipu), tidak boleh diustai, tidak boleh dibiarkan dihianati orang. Semua hak seorang muslim kepada sesama orang muslim haram : kehormatanya, harta bendanya, dan darahnya. Takwa adalah disisni (sambil menunjuk ke dada). Cukup kalau ia menghina saudaranya sesama muslim. (HR. Turmudzi)
8. Hadits Tentang Makanan Halal dan baik
Terjemah,
“ Dari Migdam ra. dan Nabi saw, beliau bersabda : tidak ada makanan yang dimakan seseorang yang lebih baik daripada usahanya dan sesungguhnya nabi Daud AS. Selalu makan dri usahnya sendiri’. (HR. Bukhari dan Nasi)
9. Hadits Tentang anjuran Mencari Ilmu
Terjemah,
Rasulullah saw, bersabda : jadialah kamu orang pandai, orang belajar, orang mendengar, atau orang yang cinta. Dan janganlah kamu menjadi orang kelima (selain empat tersebut diatas) maka kamu akan binasa”. (HR. Baihaki)
10. Hadits Tentang Usah untuk Dunia dan Akhirat
Terjemah,
“Dari Anas ra. Berkata, Rasulullah saw, bersabda ; tidak baik oorang yang meninggalkan dunia untuk kepentingan akhirat saja atau meninggalkan akhirat untuk kepantingan dunia saja, tetapi harus memperoleh keduaduanya, karena kehidupan dunia menghantarkan kamu menuju akhirat, oleh karena itu jangan sekali-kali kamu mejadi beban orang lain”. ( HR Asakir)
Daftar Pustaka
1. Toha Habib M. Drs. H, MA. Qur’an Hadits, Semarang : 2004
Poskan Komentar