Artikel Kecil hamba Allah swt

Ilmu semakin digali semakin dalam pemahaman anda

Jumat, 11 Desember 2009

Kumpulan Hadits ke- Empat

1. Hadits Tentang Sunnah
Artinya :
“ Barang sipa yang menciptakan sunnah (jalan / tradisi) yang baik maka ia akan mendapatkan pahalnya, dan pahala orang yang melanjutkannya tanpa dikurangi sedikitpun. Dan barang siapa yang menciptakan sunnah (jalan / tradisi) yang buruk, maka ia akan memperoleh dosanya, dan dosa orang yang mengikutinya tanpa dikurangi sedikitpun. (HR. Muslim)
2. Hadits Tentang Dzalim
Artinya :
“ Dari Abu Dzar al Ghifari ra. dia berkata , rasulullah saw telah menyampaikan apa yang diterimanya dari Tuhan; wahai hamba Ku, Saya telah mengharamkan penganiayaan atas diri Ku, dan Saya haramkan pula itu terjadi antara kalian. Oleh sebab itu kalian jangan saling zalim mengzalimi. (HR. Muslim)
3. Hadits Tentang
Artinya :
“ Dari Abu Said al Khudri ra. dia berkata Rasulullah saw. Telah bersabda : ‘ kalian jangan menulis apa-apa yang keluar dariku. Barang siapa yang menulis sesuatu yang keluar dariku selain al Qur’an, maka hendaklah ia menghapusnya. (HR. Muslim)
4. Hadits Tentang Ucapan
Artinya :
“ Tulislah ! Demi Dia ( Allah ) yang dari ku berada dibawah kekuasaan Nya. Tidak ada sesuatupun yang keluar dari mulutku melainkan kebenaran. (HR. Al Damiri)
5. Hadits Tentang mengingat-ingat
Artinya :
“ Bantulah hafalanmu itu dengan catatanmu. (HR. Turmudzi, dari Abu Hurairah)
6. Hadits Tentang disuruh Menulis
Artinya :
“ Dari Abu Hurairah ra. dia berkata, bahwa Abu Syah memohon pada Rasul,” Wahai Rasul tuliskanlah (hadits) untuk saya, lalu Rasul menyeru (wahai para sahat) tuliskanlah untuk dia”. (HR. Ahmad)
7. Hadits Tentang Musyarokah
Artinya ;
“ Dari Abi Hurairah ra. rasulullah saw, bersabda : Allah telah berfirman : Aku adalah adalah orang ketiga dari dua orang yang melakukan musyarokah, selama salah seorang diantara keduanya tidak berhianat kepada temannya. Apabila salah seorang berhianat, maka Aku keluar dari musyarokah mereka berdua”. (HR. Abu Dawud, dishahihkan oleh hakim)
8. Hadits Tentang shalat yang tidak diterima
Artinya ;
“ Tiga orang yang tidak akan diangkat (tidak diteriama) shalatnya sejengkalpun dari kepalanya. Yaitu, orang laki-laki menjadi imam suatu kaum dan mereka tidak meyukainya; seorang istri yng semalaman membuat suaminya marah karenanya; dua bersaudara yang saling bermusuhan”. (HR. Ibnu Majah)
9. Hadits Tentang Nikah
Artinya ;
“ Dari Aisyah ra. sesungguhny Rasulullah saw, bersabda, ‘ sesungguhnya nikah yang paing agung berkahnya adalah yang ringan pembiayaannya”. (HR. Abu Dawud)
10. Hadits Tentang Talak
Artinya ;
“ Nabi saw, bersabda,’ Allh tidak menghallakan sesuatu yang lebih dimurkahi dari pada Talak” (HR. Abu Dawud)

Daftar Pustaka
1. Amin , Ahmad, Etika ( Ilmu Akhlak ) (terjmahan) Farid Ma’ruf, dari Al – Akhlak. Jakarta : Bulan Bintang, 1975
2. Bek, al – Hasymi. Mukhtar al-Ahadis al Nabawy Mesir : 1948
3. Bukhari, Imam. Shahih Bukhari Mesir : Maktabah Al Nashiyah
4. Murad Hasan, Syekh. 2001. Masalah-masalah Aktual, terjemahan dari Fataawaa wat Taujiihaat Surabaya : Al Miftah, cetakan I
Posting Komentar