Artikel Kecil hamba Allah swt

Ilmu semakin digali semakin dalam pemahaman anda

Jumat, 11 Desember 2009

Kumpulan Hadits ke- tiga

1. Hadits tentang orang yang bersabar menerima cobaan dari Allah SWT.
Artinya “
Allah berfirman “ tiada balasan bagi seorang hamba Ku yang telah saya ambil kembali kekasihnya di dunia, kemudian ia merelakannya dengan mengharap pahala dari Ku selain surga ( sebagai pembalasannya ) ( HR. Bukhori )
2. Hadits tentang orang yang menangis karena takut kepada Allah
Artinya “
Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata, Rasulullah saw, bersabda “ tidak akan masuk neraka, oarng yang menangis karena takut kepada Allah. ( HR. Tirmidzi )
3. Seorang Istri beriman yang mendapat ridho dari suaminya.
Artinya “
Dari Ummu Salamah ra. ia berkata, Rasulullah saw bersabda” siapapun seoarang perempuan ( beriman ) yang meninggal dunia sementara suaminya meridhoinya, maka ia masuk surga. ( HR. Tirmidzi )
4. Keutamaan membaca Al Qur’an
Artnya “
“ Ibnu Umar ra. berkata, bersabda Nabi saw “ tidak boleh seorang menginginkan apa yang di punyainya oleh lain orang dalam dua macam. Pertama, seoarang yang diberi Allah pengertian kepandaian tentang Al Qur’an maka dipergunakan dan dikajinya sepanjang hari dan malam. Kedua seorang yang diberi Allah kekayaan harta maka digunakan sededkah sepanjang hari dan malam. ( HR. Bukhori Muslim )
5. Buah Iman kepada Takdir.
Artnya”
“ Sunggu menakjubkan perkara oarang mukmin itu perkaranya semua baik, dan itu tidak ada pad seorangpun selain orang mikmin, jika mendaptkan kegembiraan bersyukur, itu baik baginya dan jika ditimpa kesusahan bersabar, itupun baik baginya.
( HR. Muslim )
6. Buah Iman kepada Malaikat.
Artinya”
Apbila Allah mencintai seorang hamba-Nya. Ia memberitahu Jibril bahwa Allah SWT mencintai fulan. Dan menyuruh Jibril untuk mencintainya, maka Jibrilpun mencintainya. Jibril memberitahu para penghini langit bahwa Alla SWT mencintai fulan dan menyuruh mereka juga itu mencintainya, maka penghuni lagit mencintainya. Kemudian ia diterima diatas bumi. ( HR. Al Bukhari )
7. Mengimani wujud Allah SWT.
Artinya”
“ semua bayi yang dilahirkan dalam keadaan fitrah, ibu bapaknyalah yang menyahudikan, menkristenkan atau yang memajusikannya. ( HR. Bukhari Muslim )
8. Rukun Islam
Artinya “
“ Islam didirikan atas lima dasar. Yakni 1. Bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhmmad adalah hamba dan rasul-Nya. 2. Mendirikan Sholat. 3. Menyalurkan zakat. 4.Puasa romadhon dan 5. Beribadah haji. ( HR. Bukhari Muslim )
9. Calon Penghuni Neraka
Artinya”
Dari Haritsah bin Wahab ra. ia berkata aku telah mendengar Rasulullah saw. Bersabda “ Perhatikanlah, aku memberitahukan Anda tentang ahli neraka, yaitu setiap orang yang berhati keras, bertabiat keras lagi sombong. ( Muttafakun’alaih )
10. Keadaan calon penghuni surga ketika dialam Barzah.
Artinya”
“Apabila jenazah diletakan didalam keranda mayit, lalu diusung oleh orang-orang lelaki diatas pundak mereka, jika jenazah itu saleh, maka ia berkata, ‘bergegaslah kalian membawa aku ( kepemakaman ). ‘apabila jenazah itu bukan jenazah orang yang saleh, maka ia berkata ‘ Aduh celaka aku! Kemana kalian membawa aku pergi. ‘suara itu dapat didengar oleh segala sesuatu kecuali manusia. Andaikan manusia dapat mendengar suara jenzah itu, maka ia akan pingsan,” ( HR. Bukhari )
Daftar Pustaka
1. Misbakhul Minir. Ilmu dan Seni. Binawan. Semarang cetakan I tahun 2005
2. Al Shaykh Muhammad bin Shalih Riyadh. Prinsip-prinsip Dasar Keimanan.
3. Abu Izza Maulana. Neraka dan Surga. Karya Agung. Surabaya.2002

Tidak ada komentar: