Artikel Kecil hamba Allah swt

Ilmu semakin digali semakin dalam pemahaman anda

Jumat, 11 Desember 2009

Kumpulan Hadits ke- Enam

1. Hadits Tentang Seruan untuk Shalat
Artinya : Shalatlah kamu sekalian sebagaimana meliahat aku melakukan shalat (HR. Bukhari dan Muslim dari Malik Ibnu Hawaris)
2. Hadits menerangkan Setiap Anak yang Dilahirkan dalam keadaan Suci
Artinya : Setiap anak yang dilahirkan dalam keadaan suci sampai dia mengucapkan sesuatu yang bisa merubah kesucianya, maka ibu bapaknyalah yang menjadikannya beragama yahudi, Nasrani, atau majusi”. ( HR. Abu Ya’la, Tabroni dan Baikhaki)
3. Hadits tentang cara membersihkan barang yang terkena najis mugholadhoh
Artinya : “ Cara membersihkan seeorang dari kamu apabila dijilat anjing hendaklah dibasuh tujuh kali, salah satunya hendaklah dicampur dengan tanah.(HR. Muslim)
4. Hadits tentang Haji
Artinya : “Hendakl;ah kamu segera menunaikan Haji karena sesungguhnya seseorang tidak akan menyadari suatu halangan yang merintanginya”. (HR. Ahmad)
5. Hadits tentang Pernikahan
Artinya : “ Hai Pemuda-pemuda barang siapa diantara kamu yang mampu serta berkeinginan hendak menikah, hendaklah dia menikah, karena sesungguhnya pernikahan itu dapat merundukan pandangan mata terhadap orang-orang yang tidak halal dilihatnya, dan akan memeliharanya dari godaan syahwat, dan barang siapa yang tdak mampu menikah hendaklah ia puasa, karena dengan puasa hawa nafsunya terhadap perempuan akan berkuarang”. (HR. Jamaah)
6. Hadits tentang Seruan Untuk Ziarah Kubur
Artinya :dahulu saya telah kamu berziarah ke kuburan, sekarang saya {Muhammad}telah mendapat izin untuk berziarah kekuburan ibunya, makaberziarahlah kamu, karena sesungguhnya ziarah itu mengingtkan akhirat. (HR.muslim,abu daud, dan tarmidzi)
7. Hadits Tentang Zakat Fitrah
Artinya : “Tatkala Rasulullah saw, mengutus mu’adz binYaman beliau memerintahkan kepad Mu’adz beritahukanlah kepada mereka (penduduk Yaman) sesungguhnya Allah telah mewajibkan kepada mereka shadaqoh (zakat) yang diambil dari orang-orang kaya dan diberikan pada orang-orang fakir dikalangan mereka (penduduk Yaman) “ ( HR. Jamaah)
8. Hadits tentang Memuliakan Tamu
Artinya : “ Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhier maka muliakanlah tamumu. (HR. Muslim)
9. Hadits Tentang Memuliakan Tentangga
Artinya : “Barang siapa yang beeriman kepada Allah dan hari akhir maka muliakanlah tetanggamu. (HR. Muslim)
10. Hadits Tentang Wasiat Nabi kepdaa Umatnya
Artinya: “ku tinggalkan untukmu dua perkara, tidak sekali-kali sesat selama kamu berpegang / berpedoman pada keduanya, yakni kitabullah ( Al Qur’an ) dan Sunnah Rasul Nya”. (Al hadits)
Daftar Pustaka
1. Ahmad Muhammad Drs. H. Ulumul Hadits, CV Pustaka. Bandung 2000
2. Aziz Abdul, Drs. Rs. Hadits Ilmu Hadits, Wicaksan. Semarang 1990
3. Abbas sirajudin KH. Empat Puluh Masalah Agama, Pustaka Tarbiyah, Jakarta 1994
4. Mustofa Bisri, K, Arbain Nawawi. Menara Kudus, Semarang
5. Rasjid Sulaiman H. Fiqih Islam. Sinar Baru Algensindo. Jakarta 1994.
Posting Komentar