Artikel Kecil hamba Allah swt

Ilmu semakin digali semakin dalam pemahaman anda

Jumat, 11 Desember 2009

Kumpulan Hadits bagian kedua

1. Hadits tentang Menutupi Aib Orang Islam
Artinya :
“ Barang siapa yang menutupi (aib) orang islam, maka Allah akan menutupi (aib)nya kelak dihari kiamat. (HR. Muslim)
2. Hadits tentang Lima Perkara yang merupakan Fitrah
Artinya :
“ Abu Hurairah ra. meriwayatkan, ia berkata Rasulullah saw. Bersabda, ‘lima perkara merupakan fitrah (kebersihan) yaitu : memotong rambut dalam, khitan, memotong rambut jenggot, memotong rambut ketiak, dan memotong kuku”. (HR. Jamaah)
3. Hadits tentang Hukum Suap
Artinya :
“ Rasulullah saw, memperingatkan seorang pegawai yang sibuk dengan pekerjaan dan dia mengambil suap dari manusia. Beliau berkata ‘barangsiapa yang kami pekerjakan pada suatu pekerjaan dan kami berikan rizqi padanya, yakni kami berikan kepadanya penghidupan (gaji), maka apa yang dia ambil setelah itu adalah penghianatan”. (HR. Abu Dawud)
4. Hadits tentang Toharoh
Artinya :
“diriwayatkan dari Nabi saw, sesungguhnya beliau bersabda, “Bersucilah! sesungguhnya islam itu agama yang suci”. (HR. Ibnu Hibban)
5. Hadits tentang Tentang kemaksiatan dengan Terang-terangan
Artinya :
“Rasulullah saw. Mengancam orang-orang (yang melakukan kemaksiatan) dengan terang-terangan dengan sabdanya.’Setiap umatku dimaafkan kecuali orang-oarang yang melakukan maksiat dengan terang-terangan”. (HR. Muttafaqun’alaih)
6. Hadits tentang Hukum Penggunaan Sutra
Artinya :
“ Dari Ali ra. dia berkata, ‘Nabi saw. Mengambil sutra dan beliau pegang ditangan kanannya dan menggabil emas beliau berkata, ‘Sesungguhny kedua ini adalah haram bagi laki-laki dari umatku. ‘dalam suatu riwayat, halal untuk perhiasan wanita mereka”. (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Nasai)
7. Hadits tentang Barang Temuan
Artinya :
“Rasulullah saw, ditanya tentang barang temuan yang ditemukan di lintasan jalan, yakni tidak dalam reruntuhan bangunan. Beliau mengatakan, umumkan satu haul (satu tahun). Bila kamu telah menemukan orang yang krhilangan, maka berikanlah ia kepadanya dan apabila tidak kamu temukan maka ia adalah untukmu”. (HR. Bukhari Muslim)
8. Hadits tentang Hukum mandi Junub
Artinya :
“Sayidina Ali ra. berkata, saya mendengar Rasulullah saw, bersabda. “Barang siapa yang meninggalkan temapat satu rambutpun yang tidak dibasuh dengan air ketika mandi junub, maka Allah akan menjadikan begini dan begini dari api neraka”. (HR. Ahmad)
9. Hadits tentang Larangan Shalat
Artinya :
“ Dari Aisyah ra. ia berkata, saya mendengar Rasulullah saw, bersabda.’Janganlah sahalat dihadapan makanan dan tidakpula dengan menahan kencing dan buang air besar”. (HR. Ahmad dan Muslim)
10. Hadits tentang Tantang Kufur
Artinya :
“tidaklah seorang menuduh kufur kepada yang lain dan tidaklah ia menuduhnya dengan kefasikan melainkan tuduhan tersebut kembali kepada dirinya jika yang dituduh itu tidak seperti yang dikira”. (HR. Muttafaq Alaihi)

Daftar Pustaka
1. Murad Hasan, Syekh. 1422 H/2002 M. Masalah Masalah Aktual, judul asli Fatawaa wat Taujiihaat. Surabaya: Al Miftah
2. Nuh Muhammad. Ust, LC. Tejemahan dari Ihya’Ulumudin, Bahaya Lisan. Mitrapress
Posting Komentar